header-int

Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Koordinasi Borang Akreditasi 4.0

Selasa, 23 Mar 2021, 15:21:38 WIB - 133 View
Share
Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Koordinasi Borang Akreditasi 4.0

Pada tanggal 23 Maret 2021 Prodi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Jember melaksanakan koordinasi dan finalilasi Borang akreditasi. Hal ini dilaksanakan karena menurut kami boring BKI sudah siap untuk di Upload pada Sistem Akreditasi Prodi Peguruan Tinggi Online (SAPTO). Juga sehari setelahnya akan dilaksanakan simulasi akreditasi prodi oleh asesor internal yang dimiliki oleh IAIN Jember.

Hasil akreditasi akan mengklasifikasi program studi atau perguruan tinggi kedalam nilai A,B, dan C. Nilai ini jadi asset penting dalam penetapan posisi mutu perguruan tinggi atau program studi. Selain itu nilai akreditasi bisa jadi tolak ukur kelayakan lulusan yang dihasilkan.

Pasti sudah tahu kalau di tahun ini Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT, meluncurkan instrumen baru untuk akreditasi program studi perguran tinggi. Instrumen baru tersebut berbasis outcome dan output yang kemudian dinamankan IAPS 4.0, atau Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 dan IAPT 3.0. akreditasi 4.0 ini sudah tidak lagi menggunakan istilah A,B dan C melainkan sudah menggunakan Istilah Unggul, Baik Sekali dan Baik.

Kesiapan akreditasi prodi ini sesungguhnya sudah dilakukan sejak tahun 2019. Tetapi sehubungan perubahan pengajuan boring sejak april 2019 dari instrument 3.0 ke 4.0, maka diperlukan beberapa penyesuaian terkait indikator kinerja unit pengelola program studi, yaitu dari 7 standar menjadi 9 kriteria. Maka dari itu dilakukan perluasan dan pengembangan data baru yang dibutuhkan untuk instumen borang akreditasi 4.0, utamanya terkait mutu luaran dan capaian Tridarma Perguruan Tinggi untuk instrument LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) dan model pelaporan sistem manajemen mutu untuk instrument LED (Laporan Evaluasi Diri).

Prof. Dr. Ahidul Asror, M.Ag. memberikan harapan kepada prodi BKI bahwa “secara umum akreditasi ini dilaksanakan bukan hanya peraturan akademik saja namun, juga meningkatkan kepercayaan publik atas penyelenggaraan pendidikan dan terjaminnya mutu pendidikan. Secara khusus belia juga menyampaikan harapan semoga akreditasi boring BKI mendapat nilai unggul (A)” ujar Beliau.

Di lain kesempatan Kaprodi Bimbingan dan Konseling Islam Bapak Muhib Alwi, M.A, memberikan harapannya "bisa mencapai nilai yang maksimal, memenuhi harapan mahasiswa serta lulus dengan akreditasi minimal Sangat Baik (B) dan juga dampaknya terhadap penataan manajemen prodi BKI lebih baik kedepannya. Ujar Beliau

Perlu diketahui pada saat saat ini Prodi Bimbingan dan Konseling Islam masih dengan status akreditasi C. Semoga dengan terlaksananya Reakreditasi Prodi ini bisa memberikan nilai lebih dari ekspektasi yang kami harapkan. (Sr/Philophobia)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube