header-int

Koordinasi Pelaksanaan PKL dan PPL Prodi Bimbingan dan Konseling Islam

Sabtu, 07 Nov 2020, 13:04:27 WIB - 194 View
Share
Koordinasi Pelaksanaan PKL dan PPL Prodi Bimbingan dan Konseling Islam

Jumat, 06 November 2020 diadakan koordinasi pelaksanaan PKL dan PPL Prodi BKI. Koordinasi ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting, dimulai pukul 13.30-15.00 WIB.

Acara ini bertujuan memberikan pandangan dasar kepada mahasiswa terkait pelaksanaan PKL/PPL tahun ini. Peserta acara ini ialah mahasiswa BKI semester V dan VII yang difasilitasi oleh Kaprodi kami, Bapak Muhib serta tiga dosen BKI, yakni Bapak David, Bapak Suryadi, dan Ibu Anisah.

Kaprodi menyampaikan pelaksanaan PKL dan PPL yang  akan dilaksanakan pada bulan januari-februari mendatang tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19. Maka dari itu, pelaksanaan PKL/PPL berbasis lingkungan yaitu tempat praktik berada di sekitar tempat tinggal mahasiswa.

PKL akan diikuti oleh mahasiswa semester V pada liburan  menuju semester VI nanti, praktik kerja lapangan ini dilaksanakan selama 30 hari dalam bentuk kegiatan praktik ilmu dakwah. Ada dua opsi tempat yakni di LAPAS dan di masyarakat secara langsung (jamaah pengajian).

Sedangkan PPL  (Praktik Pengalaman Lapangan) bertujuan mempraktikkan ilmu BKI, diikuti oleh mahasiswa semester VII  saat liburan  menuju semester VIII . PPL dilaksanakan selama 45 hari dan diharapkan mahasiswa memilih tempat praktik sesuai dengan keminatannya baik itu Pendidikan Khusus (PK) maupun Konseling Karir (KK).

Setiap kegiatan selama praktik lapangan didokumentasikan dalam bentuk video sebagai bentuk laporan yang diserahkan kepada DPL.

Bapak/Ibu dosen berpesan agar mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan di tempat praktik lapangan tersebut. Seperti pepatah "Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung". (Fatim)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube