header-int

Prodi BKI IAIN Jember pelopor Gerakan Anti Mencontek (GAM)

Senin, 29 Jul 2019, 08:24:47 WIB - 177 View
Share
Prodi BKI IAIN Jember pelopor Gerakan Anti Mencontek (GAM)

Aksi Damai? Ya, Gerakan Anti Menyontek

Gerakan Anti Mencontek (GAM) dilakukan pada saat momentum Ujian Akhir Semester (UAS) di halaman kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember tepatnya di depan kantor rektorat. Kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir kecurangan saat ujian. Aksi GAM dilakukan oleh puluhan mahasiswa program study (Prodi) Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Fakultas Dakwah pada hari senin(28/6/18).

            Aksi ini juga meminta para mahasiswa yang melintas di area kampus untuk berdeklarasi diatas kain putih yang dibentankan dengan cara menandatangani, tak hanya itu selebaran kertas tentang bahaya mencontek yang menjadi cikal bakal korupsi di bagikan pada para mahsiswa. Setelah berorasi, mereka mendeklarasikan bahwa tidak akan mencontek.

            Ayu Puspitasari mengungkapkan bahwa “Mencontek itu cikal bakal korupsi dan agama juga melarang. Mencontek itu seperti penyakit, menular dan harus diberantas. Karena itu, mari bersama-sama berkomitmen menjaga integritas karena integritas itu harus dimulai dari diri sendiri” selaku koordinator aksi, dikutip dari kemenag go.id

Aksi damai ini sangat di apresiasi dengan apik oleh para mahsiswa, dosen , dekan bahkan dari para petinggi rektor. Seperti yang dikatakan oleh Sukarno selaku Wakil rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama “Saya sangat mendukung aksi ini. Gerakan moral seperti ini harus terus dilakukan agar mahasiswa bisa menjadi insan yang menghindarkan diri dari perilaku koruptif. Hal itu ditanamkan sejak dini dan harus dimulai dari diri sendiri”pungkasnya. (Nabela /2017)

 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube