header-int

Squad Sibi BKI IAIN Jember Bernyanyi dalam Hening

Rabu, 31 Jul 2019, 11:32:23 WIB - 181 View
Share
Squad Sibi BKI IAIN Jember Bernyanyi dalam Hening

SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)diciptakan untuk merepresentasikan bahasa Indonesia pada tangan yang disesuaikan dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). SIBI dapat mudah dipelajari oleh orang yang sudah bisa berbahasa Indonesia.

 

Bahasa isyarat dapat menjembatani tunarungu dan tunawicara untuk berkomunikasi. Ketidakmampuan mendengar teman-teman tuli bukanlah penghalang untuk berkomunikasi atau sekedar menikmati musik. Meski tidak mampu mendengar, teman-teman tuli dapat menikmati musik dengan cara mereka sendiri, salah satunya dengan bahasa isyarat.  Mengetahui hal itu, kami mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling Islam yang tergabung dalam Squad Sibi hadir untuk membantu dan menampilkan lagu menggunakan bahasa isyarat.

 

Squad Sibi BKI merupakan sekelompok mahasiswa BKI yang menampilkan lagu-lagu seperti paduan suara namun menggunakan gerakan bahasa isyarat.

 

Squad Sibi menjadi salah satu ciri khas dari prodi Bimbingan Konseling Islam yang bertujuan untuk mengenalkan bahasa isyarat melalui lagu dengan menggunakan SIBI. Squad Sibi sering kali tampil di acara-acara BKI seperti pada Festival ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)  yang diselenggarakan pada  27 November 2018 dan Dies Mulidiyah BKI pada 11 April 2019.

 

Melalui Squad Sibi diharapkan teman-teman tuli dapat terbantu dan lebih bisa menikmati musik seperti orang-orang normal  pada umumnya.

 

 

Ex : Ainun Norma Aida/BKI2017

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube