header-int

Webinar Bertema Mapan Dulu Atau Nikah Dulu, Sukses Terselenggarakan

Minggu, 12 Sep 2021, 21:09:50 WIB - 185 View
Share
Webinar Bertema Mapan Dulu Atau Nikah Dulu, Sukses Terselenggarakan

JARKOM - Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Fakultas Dakwah Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam sukses gelar webinar yang bertema " Mapan Dulu Atau Nikah Dulu?" yang diselenggarakan oleh HMPS BKI bidang Keilmuan berkolaborasi dengan bidang Keagamaan pada hari Sabtu, 11 September 2021 melalui Zoom Meeting.

Webinar yang bertema "Mapan Dulu Atau Nikah Dulu?" dengan pemateri pertama dari dosen BKI UIN KHAS Jember yaitu ibu Anisah Prafitralia, pemateri kedua merupakan Kaprodi BKI UIN KHAS Jember yaitu bapak Muhammad Muhib Alwi  dan moderator dari demisioner HMPS BKI yaitu Fatimatus Zahro. Webinar kali ini nampak cukup diminati dengan diikuti oleh hampir 100 peserta baik dari program studi BKI maupun program studi lainnya.

Webinar diawali dengan sambutan oleh Silvia Eka Prasanti selaku ketua panitia dan Ubaidillah Al Akhro selaku Ketua Umum HMPS BKI. Seusai sambutan, acara dilanjutkan dengan materi dan ditutup dengan doa.

Dalam sambutannya, Silvia berterima kasih kepada partisipan dan panitia yang sudah mensukseskan webinar serta menegaskan agar webinar tersebut diikuti dengan sungguh-sungguh.

"Saya berharap dengan mengikuti webinar ini secara sungguh-sungguh, teman-teman mendapatkan materi yang fresh dan insightful tentang bagaimana para peserta sekalian bisa memutuskan atau memilih mapan dulu atau menikah dulu" kata Silvia dalam sambutannya.

Sambutan selanjutnya ialah oleh Ubaidillah Al Akhro selaku ketua HMPS BKI. Ia menyatakan dalam sambutannya bahwa tema webinar tersebut sangatlah menarik dan berharap semoga ilmunya bermanfaat.

"Tema acara ini menarik sekali saya rasa, karena memang banyak sekali yang seumuran kita terutama mahasiswa semester akhir yang bingung, apakah ingin mapan dulu baru nikah, atau nikah dulu sebelum mapan." Kata Ubaid selaku Ketua Umum HMPS BKI dalam sambutannya.

"Harapan saya, semoga ilmu yang kita dapatkan menjadi ilmu yang bermanfaat dan barokah, Aamiin." Lanjutnya.

Pemateri pertama, Ibu Anisah Prafitralia yang merupakan Dosen BKI UIN KHAS Jember menjelaskan tentang poin penting dari menikah, yaitu Siap dan Sadar. Poin pertama kita harus mengetahui alasan menikah, kedua kenali diri, dan ketiga pasangan yang sesuai/sefrekuensi.

Selain itu, ibu Anisah juga memberikan kutipan kata-kata menarik kepada peserta webinar yang cocok untuk dijadikan sebagai bahan refleksi.

"Yang Tampan akan kalah dengan yang Mapan, yang Mapan kalah dengan yang Nyaman, dan yang Nyaman akan kalah dengan yang Beriman", kutip ibu Anisah mengakhiri penjelasannya.

Sementara itu, pemateri kedua bapak M. Muhib Alwi M.A, menjelaskan tentang dua bentuk Kufu dalam Al Qur'an. Yang pertama Kafa'ah Fiddiin (Cocok Agama) dan yang kedua Kafa'ah Fil Iffah (Cocok Perilaku). Kemudian beliau menegaskan ketika mencari pasangan untuk menikah itu carilah yang berbeda bukan yang sama.

"Kalo cari pasangan itu carilah perbedaannya jangan persamaannya, karena kalau beda itu saling melengkapi kalau sama kan tidak bisa" kata bapak Muhib ketika memaparkan materinya.

Kemudian setelah pemateri sudah memaparkan materinya, maka webinar diakhiri oleh Abdurrahman Wahid selaku MC pukul 16.00 dengan bacaan Alhamdulillah.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube